Khasiat Daun Sirih Merah

Tips Sehat, Khasiat Daun Sirih Merah
Tumbuhan Sirih merah adalah jenis tumbuhan yang merambat, kebanyakan ditanam orang karena khasiat untuk pengobatan dan juga keindahan daunnya. Tumbuhan ini masih berkerabat dekat dengan sirih maupun lada. Nama ilmiah tumbuhan ini adalah Piper crocatum, tumbuhan yang tidak dibudidayakan yang berasal dari benua Amerika. Dan sirih merah juga dapat digunakan sebagai obat diabetes militus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah stroke, keputihan, radang prostat, radang mata, maag, kelelahan, nyeri sendi, dan memperhalus kulit.

Simak berikut informasi manfaat daun sirih selengkapnya:

1. Obat penyakit bronkhitis
Anda dapat merebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air dan menyisakan setengahnya untuk diminum. Daun sirih mengandung tanin yang mempu menyembuhkan penyakit bronkhitis jika diminum teratur 3x sehari.

2. Mengurangi produksi ASI
Produksi ASI yang berlebihan tentu tidak bagus dan mubazir. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun sirih. Caranya mudah, ambil 4 lembar daun sirih dan olesi dengan minyak kelapa. Setelah itu panggang diatas api, jangan sampai hangus terbakar. Dalam keadaan masih hangat, daun sirih tersebut ditempelkan di sekitar payudara.

3. Obat darah tinggi
Kandungan minyak atsiri dan fenol akan menstabilkan tekanan darah, bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Campur rebusan daun sirih merah dengan manfaat madu saat meminumnya 2 kali sehari.

4. Obat batuk
Untuk mengobati penyakit batuk dapat memanfaatkan daun sirih merah ini, caranya :

- Siapkan 5 lembar daun sirih merah
- Rebus dengan 300 ml air
- Minum untuk 2 kali dalam sehari

Kandungan manfaat vitamin B, vitamin C dan alkaloidnya akan meredakan radang penyebab batuk pada tenggorokan.

5. Obat payudara bengkak
Daun sirih dapat mengobatai payudara yang bengkak setelah menyusui. Bakar daun sirih merah hingga layu dan tempelkan pada area payudara yang bengkak selagi daun masih hangat. Senyawa allylprokatecol dan karvakrol akan membantu meregangkan otot payudara yang meradang karena terlalu banyak mengeluarkan ASI.

6. Mengobati tumor
Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada pada sirih merah meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Ketika sistem imun meningkat, maka sel darah putih tubuh akan mampu mengahancurkan zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

7. Mengobati diabetes
Anda dapat mengobati penyakit diabetes yang di derita dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih merah. Kandungan terpenoid, klavicol, eugenol, dan pycene akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.

8. Obat radang paru-paru
Saat anda menderita radang paru-paru, daun sirih merah dapat menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkannya. Buat rebusan 5-7 daun sirih merah yang sudah tua dalam 500 ml air untuk menyembuhkan radang paru-paru. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang akan membersihkan area paru-paru dari senyawa berbahaya yang tidak sengaja masuk ke paru-paru.

9. Obat asam urat
Daun sirih merah juga dapat digunakan sebagai obat penyakit asam urat. Daun sirih merah akan meredakan nyeri otot dan meluruhkan kristal asam urat yang ada di dalam tubuh. Cara pembuatannya :

- Siapkan 8 lembar daun sirih yang muda setelah dicuci bersih
- Direbus dengan 500 ml air
- Rebus hingga menyisakan air rebusan hingga 3 gelas
- Minum 75 ml air rebusan, 3 kali sehari secara teratur

Jika dirasakan pahit dapat menambahkan ramuan dengan gula jawa atau 2 sendok makan madu.

10. Mencegah munculnya jerawat
Daun sirih merah juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati jerawat, karena kandungan manfaat antioksidan, flavonoid, dan vitaminnya. Kandungan ini akan memberikan nutrisi pada kulit dan mengganti sel-sel kulit wajah yang rusak akibat terpapar debu dan polusi. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih merah ini, cukup dengan :

- Rebus 10 lembar daun dalam 200 ml air
- Saring air rebusan dan didinginkan
- Gunakan air rebusan untuk cuci muka 2 kali sehari.

11. Mengatasi gejala keputihan
Selain manfaat sirih hijau, jenis daun sirih merah juga dapat berperan sebagai antiseptik yang mematikan bakteri Candida penyebab keputihan. Anda dapat merebus 5-10 daun sirih merah ke dalam 250ml air. Setalah mendidih, saring airnya dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

12. Mengurangi bau badan
Daun sirih merah mengandung estragol dan kavicol yang mengendalikan produksi hormon dan kelenjar keringat dalam tubuh. Daun sirih merah dapat membantu mengurangi permasalahan bau badan dengan 2 cara yaitu :

Konsumsi air rebusan daun sirih sebanyak 2 gelas per hari
Oleskan 2 lembar daun sirih merah yang telah ditumbuk ke daerah ketiak secara teratur

13. Mengobati bau mulut
Kandungan senyawa eugenol dan kavibetol dalam daun sirih merah akan membantu anda yang mengalami masalah bau mulut tak sedap. Cukup dengan berkumur rebusan daun sirih merah secara teratur saat pagi dan sore.

14. Penyakit jantung
Sediakan 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok makan jintan putih. Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Ramuan tersebut diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.

15. Mengobati Penyakit Sfilis/Radang Prostat
Manfaat daun sirih mampu mengobati penyakit sfilis, caranya mudah siapkan 25-30 lembar daun sirih bersama tangkainya, 1/4 kg gula aren dan garam dapur secukupnya. Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Ramuan tersebut diminum 3 kali 1 hari secara terus menerus.

16. Obat sakit maag
Kandungan terpennoid dan klavikol di dalam daun sirih merah, dapat mengobati sakit maag. Caranya dengan meminum rebusan dari 7 lembar daun sirih yang dikonsumsi 3 kali sehari secara teratur.

Nahh itulah beberapa manfaat dan khasiat daun sirih merah untuk kesehatan, semoga ulasan singkat diatas dapat bermanfaat bagi kita semuanya :) 

Baca Juga: Manfaat Buah lengkeng yang Menakjubkan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »